Bangun Tarutung Cyber Learning Centre

Sunday, 13 December 2009

Tobing.or.id, Kabupaten Tapanuli Utara kini boleh lebih optimis dan berkomitmen dalam membangun dan mengembangkan dunia pendidikannya menjadi lebih berkualitas dengan berdirinya Tarutung Cyber Learning Center yang dilengkapi dengan instrumentasi TIK seperti WiFi, fasilitas pelatihan ICT, pendidikan berbasis TIK termasuk di dalamnya e-library.

Bupati Tapanuli Utara (Taput) Torang Lumbantobing, pada Selasa (26/5) seperti meresmikan Tarutung Cyber Learning Center ” (Pusat Pelatihan Teknologi Informatika) hasil kerjasama Dinas Pendidikan Taput dengan USAID malalui program hibah Information Communication Teknologi (ICT) senilai $US35,000.

Kadis Pendidikan Taput Dra Mariani MPd menuturkan, Taput telah 3 tahun melakukan kerjasama dengan USAID dalam peningkatan mutu pendidikan di daerah ini terutama guna pemberdayaan kepala sekolah, guru, komite, dinas pendidikan, dewan pendidikan.

Perwakilan USAID, Haryadi pun menyatakan, “Masyarakat umum bahkan dunia melalui akses internet dapat mengetahui Perpustakaan Taput dan ketersedian buku bacaannya. Begitu pula dengan fasilitas hotspot/wifi, pembaca bukan hanya membaca buku-buku yang tersedia di perpustaan ini tapi dapat melakukan akses internet,” sebutnya.

Bupati dalam arahnya mengharapkan hibah tersebut dapat dipergunakan semaksimal mungkin, apalagi hibah ini bukan saja mahal tetapi hanya 3 kabupaten/kota yang menerimanya. Apalagi pada 2010 lembaga ini sepenuhnya akan dimiliki dan dikelola oleh Pemkab Taput.

Tarutung Cyber Learning Center dilengkapi dengan Hospot/Wifi yang ditempatkan di ruang Perpustaan dan dengan daya pancar sejauh 20 meter dapat diakses oleh siapapun di luar ruangan. Pengoperasian hotspot dan dimulainya pelatihan ICT yang diikuti sejumlah orang untuk program layanan publik dan administrasi menandai beroperasinya lembaga ini.

Hibah yang diterima dipergunakan untuk menyediakan perangkat internet, infrastruktur jaringan internet, penyediaan sejumlah perangkat hotspot/wifi termasuk outdoor untuk masyarakat umum dan membangun system informasi perpustakaan daerah Tapanuli Utara yang terpusat.

Melalui Tarutung Cyber Learning Center juga diselenggarakan pelatihan ICT bermaterikan pelatihan internet dan pembuatan blog dengan target sasaran sebanyak 1.000 orang dari masyarakat umum dan pelajar di daerah ini. Juga akan dibuat website Dinas Pendidikan Taput dan Perpustakaan Taput.

Martin Simamora