Telkom Siap Komersialkan Layanan IPTV

Monday, 08 January 2007

Tobing.or.id, IPTV (ist)

Jakarta,
PT Telkom siap mengkomersialisasikan layanan televisi berbasis protokol internet (IPTV) dalam waktu dekat.

"Uji coba laboratorium pengembangan IPTV sudah dilakukan, tinggal menunggu hasil kajian untuk komersial" ujar VP Public and Marketing Communication Telkom Muhammad Awaluddin, dalam keterangan tertulis, Senin (8/1/2007).

Menurutnya, jaringan berbasis IP memiliki kemampuan dan fleksibilitas tinggi dalam menyajikan layanan komunikasi terpadu yang tidak bisa didapat melalui jaringan konvensional.

"Dengan demikian, konsumen nantinya tidak hanya dapat menikmati siaran televisi tetapi juga layanan komunikasi terpadu dan interaktif," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, peluncuran komersial IPTV Telkom ini tergantung pada kebutuhan dan animo yang berkembang di pasar.

"Telkom saat ini fokus menjajaki potensi layanan yang bisa dilahirkan jaringan IP. Tren teknologi dan layanan telekomunikasi ke depan lebih didominasi pemanfaatan jaringan karena kemampuan konvergensinya yang tinggi serta investasi yang lebih efisien dibanding jaringan konvensional," ujar Awaluddin.

IPTV yang dikembangkan Telkom ini, katanya, kelak menyajikan program-program TV interaktif antara lain, olah raga, berita, film serta ragam sajian hiburan lainnya (musik, game, iklan) melalui jaringan Internet pitalebar (broadband) yang aman dan terkelola dengan baik.

Ragam layanan IP-TV diantaranya Electronic Program Guide, Broadcast/Live TV, Pay Per View, Personal Video Recording, Pause TV, Video on Demand, Music on Demand (Walled Garden), Gaming, Interactive advertisement, dan T-Commerce.

"IPTV ini tentunya juga dimungkinkan menelusuri situs-situs Internet," katanya. (rou/rou)