9 Perusahaan Telekomunikasi Bentuk Forum IPTV

Thursday, 22 March 2007

Tobing.or.id, Ilustrasi (hdbeat.com)

Jakarta,
Industri IPTV (televisi berbasis protokol internet) diproyeksi bakal membludak. Beberapa perusahaan besar telekomunikasi dan TI (teknologi informasi) berinisiatif membentuk forum terbuka, Open IPTV Forum, untuk mengembangkan standar IPTV.

Mereka adalah AT&T, Ericsson, France Telecom, Panasonic, Philips, Samsung, Siemens, Sony dan Telecom Italia.

Open IPTV Forum, seperti dilansir Vnunet dan dikutip detikINET, Kamis (22/3/2007), sedianya akan difokuskan untuk mengembangkan standar baru IPTV dan mengkolaborasikan teknologi yang ada saat ini agar pekerjaan lebih efisien.

Tujuannya adalah untuk menghasilkan standar penuh IPTV sehingga bisa digunakan oleh semua manufaktur untuk mencapai interoperabilitas sepenuhnya. Pembentukan forum tersebut juga sebagai bagian dari langkah mengantisipasi ancaman IPTV dari situs internet TV berbasis Web 2.0 seperti YouTube.

"Banyak sekali pihak yang mengemukakan bahwa IPTV akan berumur pendek karena banyaknya persaingan seperti dari Google, Yahoo, Joost dan Babelgum," ujar Annelise Berendt, senior analis di Ovum.

Kami percaya, lanjut Berendt, akan ada tempat bagi IPTV dan TV internet karena yang dibidik adalah segmen konsumen tertentu.

Lebih lanjut, standar pertama yang akan dibahas adalah mengenai IP Multimedia Subsystem dan Digital Living Network Alliance. Namun demikian, soal perlindungan konten, antar muka jaringan yang terkelola dan interoperabilitas dengan perangkat konsumer ritel, juga akan dipertimbangkan. (dwn/dwn)