Wush! Ada Angin Tornado Sungguhan di Dalam Museum

Thursday, 06 December 2012

Tobing.or.id, Stuttgart - Museum ternyata tidak hanya mengoleksi benda-benda antik. Angin tornado sungguhan setinggi 34,4 meter juga bisa menjadi penghuni tetap sebuah museum seperti di Museum Mercedes-Benz, Stuttgart, Jerman. Dahsyat!

Wush! Hembusan angin kencang akan langsung terasa begitu Anda menginjakkan kaki ke dalam Museum Mecedes-Benz. Gemuruh angin juga langsung terdengar. Bukan, museum ini bukan sedang diterjang badai, tapi itu adalah suara angin tornado yang 'terjebak' di dalam museum ini.

Namanya memang Museum Mercedes-Benz, tapi rumah koleksi ini tidak cuma menyimpan aneka mobil buatan Jerman itu. Pada bagian tengah museum, terdapat area kosong yang menjadi tempat 'terjebaknya' angin tornado.

Jika dilihat saat tornado sedang berputar kencang memang terlihat seperti angin itu terjebak di dalam gedung. Ini memang bukan peristiwa alam, tapi ini adalah angin tornado yang sengaja dibuat oleh Museum Mercedes-Benz. Walaupun buatan manusia, angin ini tetap kencang. Malah ini adalah tornado buatan yang paling kencang di dunia dan sudah pernah masuk Guinness Book of Records pada tahun 2007, seperti yang dilihat detikTravel dari situs pribadi museum itu, Rabu (5/11/2012).

Angin ini memang tidak setiap saat berputar di tengah-tengah gedung. Ada waktu-waktu tertentu untuk bisa menyaksikan putaran tornado yang dahsyat ini. Tapi sekali menyaksikannya, Anda pasti akan terperangah.

Angin tornado ini punya ketinggian yang sama dengan tinggi gedung museum, yaitu 34,4 meter. Dari langit-langit gedung, angin akan berputar sangat cepat hingga menimbulkan suara yang sangat keras. Untuk menyalakannya, dibutuhkan waktu selama 7 menit agar angin bisa berputar kencang.

Selain angin, untuk menghasilkan efek yang lebih dramatis lagi, Museum Mercedes-Benz sudah menyiapkan asap di bagian bawahnya. Malah, ada juga lampu berwarna-warni untuk menimbulkan efek cantik. Kalau sudah begini, angin tornado yang tadinya menyeramkan akan berubah menjadi pertunjukan menarik di dalam museum.

Selain angin tornado, Museum Mercedes-Benz juga punya 144 outlet yang menyimpan koleksi-koleksi mobil andalannya. Di sana terpajang dengan cantik mobil klasik Mercedes-Benz mulai dari tahun 1960-an.

Untuk bisa masuk ke dalam museum ini, Anda harus membayar uang sebesar 8 Euro (Rp 100.000). Museum ini melayani kunjungan wisatawannya setiap hari Selasa-Minggu pada pukul 9.00-18.00 waktu setempat.