Kaca Mata Bunglon, Dapat Berubah Banyak Warna

Monday, 26 March 2007

Tobing.or.id, CHICAGO, KAMIS - Suka kacamata hitam, cokelat, kuning, atau bening? Dengan teknologi lensa terbaru, pengguna dapat mengubah-ubah warna kaca mata yang diinginkannya hanya dengan memencet tombol di rangkanya.

"Kami mengembangkan lensa yang berbeda dengan lensa di pasaran," ujar Chunye Xu, insinyur kimia dari Universitas Washington di Seattle, AS. Ia yakin lensa buatannya akan menciptakan gaya hidup baru.

Lensa yang dikembangkan para peneliti terbuat dari polimer elektrokrom, material yang dapat berubah tingkat kegelapan dan warnanya jika dialiri arus listrik. Arus hanya dibutuhkan saat lensa akan berubah warna.

Sejauh ini, Xu dan koleganya telah mengembangkan prototip kacamata tersebut namun hanya dapat berubah satu warna. Untuk mengubah lensa bening menjadi biru hanya dibutuhkan waktu sangat cepat. Sebuah baterai berukuran kecil ditempatkan di frame dan dihubungkan ke tombol yang akan mengatur aliran arus ke lensa. Baterai tersebut dapat dipakai hingga ribuan kali pengubahan warna.

Mereka telah membuat polimer yang dapat berubah warna merah dan hijau namun belum stabil seperti biru. Dengan mengombinasikan material yang dapat berubah warna berbeda-beda secara berlapis, maka kaca mata dapat berubah banyak warna, tergantung lensa mana yang diaktifkan.

"Kami sedang mengerjakan untuk banyak warna, namun belum membuat prototipnya," ujar Xu. Ia memperkirakan akan dibutuhkan waktu antara dua hingga tiga tahun untuk menguji coba sampai teknologi ini siap dipasarkan.