IBM Kenalkan Chipset Optik Kecepatan Tinggi

Friday, 30 March 2007

Tobing.or.id, IBM mengklaim chipset optik terbarunya memecahkan rekor kinerja karena dapat mengirimkan data dengan kecepatan hingga 160 gigabit perdetik. Berukuran jauh lebih kecil dari sebuah koin, chipset tersebut dilengkapi driver dan rangkaian penerima sinyal dan dibuat dengan teknologi CMOS (complimentary metal oxide semiconductor).

Chipset yang diperkenalkan Senin (26/3) dapat mengirimkan data empat kali lipat lebih cepat daripada chipset tercepat yang ada saat ini. Jika dipakai untuk download sebuah film definisi tinggi (HD) dapat dilakukan dalam dalam sedetik. Dengan chip konvensional tercepat yang ada saat ini mungkin membutuhkan waktu 30 menit atau lebih. Kemampuan ini sebanding dengan 4 juta percakapan secara bersamaan.

Kecepatan tinggi bisa dicapai karena pengiriman sinyal dilakukan sebagai sinyal-sinyal cahaya dan bukan sinyal listrik. Serat plastik murni digunakan untuk mengirimkan data. Sedangkan komponen-komponennya optiknya menggunakan indium phospida (InP) dan gallium arsenide (GaAs).

Dengan ukuran hanya 3,25 x 5,25 milimeter, ongkos produksinya akan jauh lebih murah. IBM menyatakan chipset dapat dibuat dengan proses produksi yang dipakai dengan teknologi yang dipakai sekarang. Chipset yang dapat dipakai di komputer dan set top box ini baru akan dipasarkan mulai tahun 2010.

Pengembangan teknologi optik dalam dunia komputasi didorong kebutuhan lalu lintas data yang semakin besar seperti distribusi film, video klip, dan musik melalui jaingan Internet. Beberapa laboratorium penelitian selain IBM juga mulai mengembangkannya. Para peneliti di Universitas California Berkeley, AS dan Intel dilaporkan tengah mengembangkan chip laser berkecepatan tinggi dengan harga murah. Sedangkan IBM, selain memanfaatkan cahaya untuk mentransmisikan data, juga untuk menyimpannya.