Ikan Berusia 100 Tahun Tertangkap di Alaska

Tuesday, 10 April 2007

Tobing.or.id, Awak kapal pencari ikan yang tengah berlayar di perairan utara tidak menyangka bakal menemukan hewan tertua di Alaska. Salah seekor ikan karang raksasa yang tersangkut jaring mereka diperkirakan berumur seabad.

Ikan karang betina yang panjangnya 1,1 meter dan berat 27 kilogram itu ditemukan awak kapal Kodiak Enterprise milik Trident Seafoods di Laut Bering bulan lalu. Ikan tersebut diangkat dari kedalaman 640 meter di selatan Kepulauan Pribilof bersama 9 ikan sejenis dan sekitar 75 ton ikan-ikan lain hasil tangkapan.

Spesimen yang berpostur aneh itu segera diserahkan ke Pusat Sains Perikanan Alaska, salah satu laboratorium National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) di Seattle, Washington, AS, untuk diukur dan didokumentasikan. Para ilmuwan di sana memperkirakan umurnya dengan cara mengambil tulang telinga ikan yang disebut otolith. Dari jumlah lngkaran yang terbentuk mirip lingkaran batang phonon di tulang tersebut dapat diketahui bahwa umurnya antara 90 hingga 115 tahun.

"Ia berada pada rentang usia tertinggi spesies tersebut," ujar salah satu ilmuwan Paul Spencer. Menurutnya, para peneliti sebelumnya telah memperkirakan bahwa spesies ini bisa hidup mencapai 157 tahun. Namun, daya reproduksinya tergolong masih tinggi. Spencer mengatakan, perut ikan tersebut sangat besar dan indung telurnya berisi embrio yang tengah berkembang.

Meski tercatat sebagai ikan dan mungkin organisme tertua yang pernah ditemukan hidup-hidup di Alaska, ikan yang baru ditemukan bukanlah ikan karang terbesar. Para ilmuwan pernah meneliti seekor ikan karang sejenis yang panjangnya mencapai 1,19 meter.