IBM Kembangkan Teknologi Komputer untuk Manula

Sunday, 09 October 2005

Tobing.or.id, Keseriusan mengembangkan "teknologi komputer untuk semua orang" dibuktikan IBM dengan meluncurkan teknologi yang dapat digunakan oleh pengguna lanjut usia atau orang yang memiliki keterbatasan fisik.

Perangkat lunak terbaru ini dikembangkan oleh para peneliti IBM yang secara khusus menciptakan teknologi agar dapat digunakan oleh orang yang memiliki keterbatasan secara fisik atau pengguna lanjut usia. Beberapa contoh teknologi ini adalah bantuan perubahan ukuran teks di layar, pembacaan teks menggunakan suara, dan keyboard mudah pakai.
Untuk proyek besar ini, IBM melibatkan hampir 11 juta pengembang perangkat lunaknya di seluruh dunia. Tidak hanya itu, IBM juga membangun sejenis sumber daya online yang dapat memudahkan para pengembang tadi membangun aplikasi dengan feature khusus ini.

"Sekali lagi IBM menjadi pemimpin untuk menjadikan teknologi sehari-hari lebih mudah digunakan oleh orang yang memiliki kekurangan fisik," kata Andrew J. Imparato, CEO American Association of People with Disabilities. Andrew juga mengatakan bahwa saat ini kebutuhan terhadap kemampuan pengoperasian teknologi informasi semakin penting. Sehingga orang dengan keterbatasan fisik harus diberikan solusi untuk memberi kesempatan lebih luas terhadap karir mereka.

Pendapat senada juga disampaikan oleh Frances West, Director IBM Worldwide Accessibility Center, yang mengatakan bahwa perusahaan atau badan pemerintah yang mengadopsi teknologi ini akan mendapat keuntungan tersendiri karena dapat menggali sumber daya manusia secara lebih luas. (KCM/Wsn)