Seperti Apa Ponsel Mewah Seharga Rp 2,8 Miliar?

Thursday, 19 April 2007

Tobing.or.id, Jakarta, Secanggih apa ponsel seharga Rp 2,8 miliar (US$310 ribu) dalam fantasi Anda? Jangan hanya dibayangkan, ada baiknya Anda berkenalan dengan ponsel keluaran Nokia ini.

Adalah Vertu, merek ponsel mewah besutan Nokia yang kini hadir dalam seri terbarunya "Cobra". Harganya memang selangit, tapi produsennya mantap mematok harga setinggi itu.

"Cobra" lebih tepat disebut sebagai karya seni dibanding produk telekomunikasi. Kemunculan perdananya pun bukan di pameran ponsel, melainkan di pameran jam tangan dan perhiasan 'Baselworld Watch and Jewellery Show' yang berlangsung minggu ini di Swiss.

Jadi jangan bayangkan berbagai fitur canggih di sini. Membahas ponsel tak lazim ini, berarti membahas logam-logam mulia yang merentenginya. Selain berlapis emas, ponsel ini juga bertahtakan berlian, jamrud, dan 439 butir batu delima.

Sudah pasti ponsel ini adalah sebuah simbul status. Kedudukannya setara dengan mobil mewah, vila atau kapal pesiar yang sering kali dimiliki bukan karena butuh, melainkan karena gengsi. Mengokohkan kedudukannya, "Cobra" dirilis dengan jumlah terbatas, hanya 8 unit.

Meski mahal, bukan berarti ponsel ini tak laku. Buktinya penjualan Vertu naik 140 persen tahun lalu. Perusahaan berhasil memasarkan 100 ribu unit ponsel setiap tahunnya, di mana harga terendahnya adalah Rp 39 juta (US$4.300).

President Vertu, Alberto Torres mengatakan, banyak pelanggan usia muda yang lebih menyukai ponsel mereka dibanding jam tangan.

Peruasahaan mengungkap, konsumen Vertu adalah para miliuner yang meraup sukses dari kawasan ekonomi berkembang seperti Cina, India dan Rusia, serta pengusaha minyak asal Timur Tengah.