Handycam Kecil Kemampuan Besar.

Sunday, 09 October 2005

Tobing.or.id, Perekam video dituntut mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi seperti high definition video (HDV) sebagai standar yang mulai digunakan secara global. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Sony menghadirkan Handycam HDR-HC1 yang dilengkapi teknologi untuk menghasilkan gambar berkualitas HDV.

HDR-HC1 dilengkapi sensor CMOS 1/3 inci Primary Colour 3.0 Mega Pixels. Dengan Enhanced Imaging Processor yang khusus dikembangkan untuk sensor CMOS, alat ini dapat menghasilkan warna yang lebih baik dan pemakaian energi yang rendah. Selain itu, alat ini dilengkapi lensa Carl Zeiss Vario Sonnar T, menggunakan pelindung optik lapisan ganda, 10x optical zoom, dan 120x digital zoom.
Penggunanya memiliki pilihan untuk merekam dengan format HDV 108i (aspek rasio 16:9) atau format standar DV dengan aspek rasio 16:9 atau 4:3. Dengan demikian, dapat disesuaikan kebutuhan dan kondisi lingkungan yang akan direkam.
Film yang direkam dalam HDV tidak hanya dapat dilihat pada televisi yang menggunakan HD. Apabila dilihat menggunakan televisi biasa (standard definition), secara otomatis format HD akan dikonversi sehingga dapat ditampilkan.
Selain mengedepankan kualitas video, digunakan 4 buah kapsul blok mikrofon dan rangkaian yang dideasain khusus agar dapat mengatasi gangguan suara di sekitarnya dan menghasilkan remakan suara yang lebih jernih. 
Dengan berat 780 gram termasuk baterai, dan ukuran 71 milimeter x 94 milimeter x 188 milimeter, pengguna lebih leluasa bergerak dan mengarahkan kameranya ke objek yang diinginkan baik dalam jarak dekat maupun jarak jauh.
Pada dasarnya tipe yang dikeluarkan Sony ini ditujukan bagi pengguna camcorder yang telah berpengalaman mengambil gambar-gambar berkualitas tinggi. Dengan hadirnya model Handycam terbaru dari Sony yang mengedepankan gambar dan suara, seorang kameramen, misalnya, tidak perlu lagi membawa kamera yang besar dan berat untuk mengambil rekaman berkualitas tinggi. (KCM/Wah)