Kawasan Zona Nirkabel Hi-Tech Sedang Dibangun

Monday, 14 May 2007

Tobing.or.id, Tokyo, Jepang, negara yang terkenal sebagai jawara teknologi Asia, kini sedang merencanakan percobaan kawasan nirkabel berteknologi tinggi di salah satu pulaunya.

Teknologi yang akan diimplementasikan tahun depan, akan memiliki sensor nirkabel yang memungkinkan pengawasan jarak jauh.

Para dokter akan dapat memonitor kesehatan pasien berusia lanjut dari jarak jauh. Selain itu, dapat juga dimanfaatkan sebagai pemberi peringatan kepada para pengguna jalan yang mendekati pejalan kaki. Demikian dikutip detikINET dari TelecomAsia.net, Senin (14/5/2007).

Tak hanya itu produk-produk seperti sayuran, akan dilengkapi dengan keping IC (Integrated Circuit-red), yang akan mengirim informasi seperti di mana sayuran tersebut tumbuh, kepada para pembeli melalui ponsel mereka. Untuk diketahui, keping IC merupakan chip komputer dengan antena yang dapat digunakan untuk melacak produk.

Zona nirkabel ini rencananya akan dibangun di utara Hokkaido atau selatan Okinawa. Kedua kawasan dipilih atas pertimbangan minimnya interferensi gelombang radio yang terjadi. Sementara kementrian terkait belum dapat dikonfirmasi untuk kepastian lokasi percobaan.

Jepang memang memiliki dana yang tidak sedikit untuk menunjang ambisi tersebut. Dana sebesar US$ 8,7 juta atau sekitar Rp 76,2 milyar (US$1=Rp 8764. Sumber: XE.com) dihabiskan dalam sebuah proyek di kawasan perbelanjaan di pusat Tokyo. Proyek itu mengaplikasikan 1.200 chip komputer mungil yang dilekatkan pada lampu jalanan, langit-langit stasiun bawah tanah dan jalanan untuk menyoroti peta dan memberi petunjuk bagi orang-orang yang melewatinya.