Pertama di Dunia, LG Philips Kembangkan e-Paper Ukuran A4

Monday, 14 May 2007

Tobing.or.id, Jakarta, Perusahaan pembuat layar datar asal Korea Selatan, LG Philips LCD, dilaporkan tengah mengembangkan kertas elektronik (e-paper) berwarna pertama di dunia yang berukuran A4.

Kertas elektronik ini secara diagonal berukuran 14,1 inci atau sekitar 35,9 centimeter, mempunyai ketebalan 300 mikrometer (0,3 milimeter) dan dapat menampilkan hingga 4.096 warna.

Produsen layar datar terbesar kedua di dunia ini mengatakan, teknologi yang dipasang di dalam produk teranyarnya didesain untuk efisiensi energi, karena hanya menggunakan tenaga ketika tampilan berubah.

"Hal ini merepresentasikan generasi terbaru dalam teknologi display," kata Chung In-Jae, chief technology officer dan executive vice president LG Philips LCD, yang dikutip detikINET dari AFP, Selasa (14/5/2007).

Chung sesumbar, produk terbaru perusahaannya merupakan sesuatu yang luar biasa dan memungkinkan pelanggan mereka untuk menciptakan produk baru yang tidak hanya mudah saat digunakan tetapi juga dapat menghemat sumber daya alam.

Sebelumnya, LG Philips telah mengembangkan kertas elektronik fleksibel hitam putih pertama di dunia yang berukuran 10,1 inci pada Oktober 2005, dan diikuti dengan ukuran 14,1 inci pada Mei 2006.