Bupati Taput Buka Mubes II Siraja Lumbantobing se-Dunia di Tarutung

Sunday, 09 December 2007

Tobing.or.id, Pemkab Taput menyambut baik Mubes II yang dilakukan Parsadaan Pomparan Siraja Lumbantobing (PPSLB) se-dunia di Tarutung, karena Pemkab beranggapan acara ini adalah bagian dari upaya untuk menjalin rasa kebersamaan di antara sesama marga Lumbantobing untuk menghadapi era globalisasi di masa yang akan datang.
“Peran serta marga Lumbantobing dalam segala upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan anggota amatlah strategis, oleh karenanya sangatlah tepat apabila pertemuan dalam Mubes II ini dapat membekali kita untuk mampu mendorong dalam mewujudkan visi dan misi pomparan Siraja Lumbantobing dimasa mendatang,” kata Bupati Taput Torang Lumbantobing pada pembukaan Mubes II PPSLB se-dunia di gedung Kesenian Taput di Tarutung, Jumat (7/12) yang ditandai pemukulan gong tiga kali, dihadiri seribuan marga Lumbantobing dari perantauan dan Bona Pasogit.
Menurut Torang Lumbantobing, Mubes II PPSLB se-dunia yang dirangkaikan dengan Natal bersama, Minggu (9/12) di Lapangan Serbaguna Tarutung itu, haruslah menjadi wahana pemersatu bagi seluruh marga Lumbantobing, dengan perasaan saling merhargai di antara sesama di Bona Pasogit dan perantauan.
Pada kesempatan itu, Bupati Taput menjelaskan keberadaan pembangunan di Taput yang sampai saat ini berjalan dengan baik berkat dukungan dari segala unsur dan stakeholder. Katanya, saat ini seluas 50 ribu Ha lahan kering masih terhampar di daerah ini yang cocok diolah menjadi lahan-lahan pertanian dan perkebunan.
“Semangat masyarakat mengolah lahan keringnya sudah semakin meningkat, namun masih banyak yang perlu dipikirkan pemerintah, terutama masalah infrastruktur jalan ke desa-desa. Namun demikian, secara bertahap segala kekurangan itu akan dibenahi, sesuai kemampuan keuangan pemerintah,” katanya.
Sebelumnya, Ketua Umum Panitia Drs Maringan Lumbantobing dalam sambutannya mengucapkan kegembiraannya atas pelaksanaan Mubes II PPSLB itu. Katanya, Mubes itu mempunyai makna yang sangat penting karena salah satu tujuannya adalah untuk mengesahkan AD/ART yang nantinya diharapkan dapat mengakomodir semua kepentingan ”punguan” PPSLB se-dunia, katanya. Turut memberi sambutan Pinondang Simanjuntak mewakili Boru, Berman Lumbantobing mewakili panitia Bona Pasogit dan Tigor Lumbantobing selaku Ketua PPSLB Bona Pasogit Tapanuli Utara.
Sementara itu, Ketua Umum PPSLB se dunia Simon Lumbantobing mengimbau seluruh peserta Mubes untuk sama-sama mensukseskan Mubes tersebut, karena tujuannya adalah mempersatukan seluruh marga Lumbantobing se-dunia. Ia mengajak seluruh marga Lumbantobing berpartisifasi aktif sebagai wujud nyata dan rasa tanggungjawab.
Pembukaan Mubes II diawali menyanyikan lagu kebangsaaan Indonesia Raya yang dipimpin Batara Gultom dan kebaktian singkat dipimpin DR SAE Nababan.
Hadir dalam acara itu, Komjen Pol Drs Posma Lumbantobing, Bupati Tapteng Drs. Tuani Lumbantobing, Haji Parlindungan Lumbantobing SH, dr Naek Lumbantobing dan Hakim Tobing yang bertindak selaku protokol, yang membuat suasana semakin meriah .
Sesuai dengan jadwal, hari ini, Sabtu (8/12) Mubes II PPSLB akan membahas laporan pertanggungjawaban ketua PPSLB periode 2003-2007, pengantar makalah sidang komisi, pembagian komisi-komisi, pembacaan hasil laporan komisi, pemilihan ketua umum dan pembacaan keputusan Mubes serta malam keakraban.